marketing@shogunzpaint.com +62817-4902-831

Trik Pengecatan Membuat Efek Soda Sprite Caranya Gampang Banget

  • Daryana Ade Kurniawan
  • 389
  • 334

Mengecat motor agar terlihat berbeda dari motor-motor yang umum memang mempunyai kesan tersendiri, seperti pada pembahasan kita kali ini, video yang diunggah oleh youtuber otomotif khusus pengecatan yaitu Tukang Amplas memberikan tips dan trik rahasia pembuatan efect soda pada pengecatan spakboard sepeda motor.

Trik Pengecatan Motor untuk Membuat Efek Soda Sprite

Cat yang digunakan adalah cat semprot shogun z paint dengan warna berikut :

  • Dull epoxy primer grey 7161;
  • Silver Metalik 7580;
  • Jupiter Blue 7172;
  • Honda Yellow 702;
  • Clear 7540

Langkah pertama, pengecatan Epoxy untuk dasar pengecatan

Media yang akan kita eksekusi adalah spakboard dari Honda Beat dan sudah diamplas kemudian langsung saja di epoxy, kita epoxy dulu menggunakan Dull Epoxy Primer Grey kode 7161, untuk epoxy aplikasikan sebanyak dua lapis sampai epoxy nya menutup dengan sempurna dan jeda antar lapisan sekitar 5-10 menitan cukup kalau cuaca lagi panas-panasnya.

Langkah kedua, pengecatan warna dasar

Nah setelah epoxy nya kering, kita lanjut naik ke warna dasar untuk warna dasar disini menggunakan warna dasar Metallic silver kode 7580 dari Shogun Z Nah untuk aplikasinya warna Metallic silver ini daya tutupnya cepat, jadi naik dua lapis saja sudah cukup. Kalau sudah menutup dengan sempurna warna Metallic silver nya itu sudah cukup jadi nggak perlu tebal dan ini kita aplikasikan sebanyak dua lapis dengan jeda perlapisan sekitar 5-10 menit.

Langkah ketiga, pemasangan mal stiker logo sprite

Lanjut lagi setelah warna Metallic silver nya kering kurang lebih sekitar 30 menit sudah kering karena cuaca lagi panas dan sekarang kita siapkan untuk mal tulisan spritenya. Kita sesuaikan dengan media yang akan kita cat, Mal atau stikernya berbahan profix dan yang warnanya Doff jadi dia tidak begitu lengket jadi ketika di kita kelupas nanti dia tidak begitu lengket.

Langkah keempat, membuat effect soda

Sebelum naik ke warna berikutnya ini rahasianya membuat efek sodanya pake semprotan setrikaan,  jadi ini isinya sudah saya buang saya ganti dengan air biasa ini kita semprotkan ke medianya. Menyemprotnya kalau ingin banyak efeknya itu agak dekat dan tekanannya full jadi agar bulir-bulir airnya itu besar-besar dan banyak.

Langkah kelima, penyemprotan warna biru dipadukan dengan warna candy kuning

Nah setelah dirasa cukup untuk penyemprotan airnya, sekarang kita akan naikkan warna Jupiter blue kode 7172 dari Shogun Z, kita semprotkan secara teknik penyemprotannya itu kita kibas-kibaskan saja Jadi jangan terlalu dekat takutnya kalau terlalu dekat tekanan anginnya itu akan membuat bulir-bulir airnya pecah dan nanti motifnya tidak jadi, jadi jaraknya agak jauh kita kipas-kipas kan saja untuk warna birunya dan warna Jupiter blue ini adalah warna biru metalik.

Untuk penyemprotan warna Jupiter Blue 7172 tidak perlu terlalu dekat cukup dari jauh jaraknya agak jauh supaya mempertahankan buliran airnya tidak pecah dan membentuk motif.

Sekarang kita lanjut lagi naik warna yang kedua jadi untuk memberikan efek seperti warna Sprite jadi birunya ini kita timpa dengan warna Honda yellow kode 702 tekniknya pun sama kita kipas-kipaskan saja dan ini tidak keseluruhan kita sempatkan jadi hanya bagian samping-samping saja terserah kalian kreasinya.

Warna Honda Yellow ini adalah warna candytone, ketika warna Jupiter Blue disemprot warna Honda Yellow dia akan menjadi warna hijau dan ada semu kuning kuningnya. perlu kalian ketahui ketika warna biru dipertemukan dengan warna kuning maka dia akan menjadi warna hijau.

Lanjut lagi setelah penyemprotan warna Honda Yellow selesai, kita jemur sampai buliran airnya dia kering atau bisa kalian bantu pakai tangan dengan cara ditekan-tekan supaya airnya seperti hilang.

Langkah keenam, Pengelupasan mal stiker logo sprite

Setelah kering, setelah airnya hilang sekarang waktunya kita ke pengelupasan masking cutting stickernya yang tulisan Sprite.

Langkah Terakhir, Finishing dengan menggunakan clear

Sekarang kita ke proses finishing, kita pakai clear dari Shogun z dengan kodenya adalah 7540 untuk aplikasi clearnya ini kita semprotkan sebanyak tiga lapis dengan jeda perlapisan sekitar 5-10 menit.

Dan berikut ini adalah hasil akhirnya

Kita telah membuat efek soda Sprite yang nyatanya nyegerin, apalagi sudah kita clear lebih basah atau bisa gunakan Clear Diamond dari shogun z yang hasilnya kering, keras dan tahan lama. Hasil Clear Diamond  Shogun Z terlihat seperti basah atau yang lebih kita kenal dengan wet look style.

Apakah pendapat Anda tentang artikel ini?