Cat Semprot terbaik untuk Body dan Velg Motor

Posted by: Daryana Ade Kurniawan | 19/11/2021 | Kategori: Tips and Triks | 556 kali dibaca | Rating: 249

Motormu ingin tampak lebih mengkilap seperti baru? Selain dibersihkan atau dicuci secara rutin hingga mengelapnya dengan pernis atau bahan pengkilat khusus, kamu juga bisa menggunakan cat motor yang paling bagus. Terlebih jika cat pada motor sudah nampak memudar, maka menggunakan cat adalah langkah yang tepat dilakukan.

Cat untuk motor yang paling banyak digunakan misalnya berbentuk cat semprot. Pemilihan cat jenis ini juga tidak boleh asal dan sembarangan, Salah satu Cat Semprot terbaik untuk Body dan Velg Motor adalah Shogun Z Paint, Cat semprot 100% duco pertama di Indonesia dalam kemasan Kaleng aerosol. Ada beberapa tips yang perlu diketahui, baik dari pemilihan cat maupun perawatannya sebagai berikut.

Memilih Cat Tipe Semprot untuk Motor

Untuk memilih sebuah cat motor semprot, tentunya tidak hanya dilihat dari merk saja. Ada beberapa hal penting yang harus selalu diperhatikan supaya tetap awet dan hasilnya lebih optimal. Berikut sejumlah hal yang dimaksud.

1. Cat yang tahan bensin

Hal pertama yang cukup penting untuk kamu perhatikan adalah apakah cat tersebut memang tahan terhadap bensin atau cairan keras lainnya. Tentunya hal ini sangat penting supaya cat motor tetap awet dan tahan lama. Jika tidak tahan bensin, tentu cat akan mudah mengelupas dan membuat tampilan body motor menjadi jelek.

Memang pada saat membeli cat semprot untuk body motor, kamu akan diberikan penjelasan dari penjual mengenai kualitas cat. Kendati demikian, kamu juga perlu mencari berbagai referensi dan bukti bahwa cat motor tersebut telah teruji kualitasnya.

2. Memastikan data semprot pada cat

Kamu juga perlu memastikan bahwa cat motor semprot yang akan dipilih telah bekerja secara baik. Caranya dengan mengetahui apakah cat tersebut memiliki daya semprot yang maksimal. Daya semprot inilah yang kemudian akan sangat memengaruhi apakah cat pada body motor menjadi rata atau tidak.

Untuk memperlancar daya semprot cat, ada baiknya jika kamu mengocok kaleng cat motor tersebut selama beberapa menit sehingga cat juga dapat tercampur rata. Selain itu, kamu juga dapat membersihkan saluran semprot sehingga kekuatan semprotan cat menjadi lebih maksimal.

3. Menggunakan cat dan pernis satu merk

Buat kamu yang mungkin ingin mengecat ulang motor secara mandiri, tentunya perlu memilih cat semprot sekaligus pernis untuk bodi motor. Pernis inilah yang nantinya akan menentukan apakah pengecatan ulang yang dilakukan akan berhasil atau tidak. Jika catnya bagus namun pernisnya kurang, maka hasilnya juga tidak akan maksimal.

Hal ini karena adanya ketidakcocokan pada senyawa cat dan pernis yang membuat cat menjadi terangkat atau tidak menempel dengan sempurna. Oleh karenanya banyak yang menyarankan untuk menggunakan cat dan pernis dalam satu merk yang senyawanya tidak jauh berbeda.

4. Memilih warna yang sesuai

Dalam pemilihan warna cat, tentunya dapat disesuaikan dengan selera masing-masing individu. Akan lebih baik jika proses pemilihan warna cat semprot memang sesuai dengan kebutuhan dan bukan karena kerap dipakai oleh banyak orang maupun karena ingin mendapat atensi banyak orang.

Ada beberapa warna cat motor semprot yang kerap digunakan, misalnya warna netral seperti putih, hitam, abu-abu, bahkan warna-warna cerah seperti merah atau biru. Kendati demikian, kamu bisa memilih warna lain sesuai keinginan atau kebutuhanmu.

5. Mempertimbangkan harga dan kualitas

Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya tentu saja mengenai harga dan kualitas dari cat tersebut. Tidak semua cat dengan harga yang relatif tinggi memiliki kualitas terbaik, begitu pula sebaliknya tidak semua cat dengan harga murah memiliki kualitas yang rendah pula.

Oleh karenanya, jangan segan untuk bertanya pada bengkel cat motor mengenai kualitas masing-masing cat semprot yang disediakan. Kamu juga perlu mengecek berbagai ulasan baik di internet maupun pada rekan-rekan yang pernah menggunakan cat motor untuk mengetahui kualitas cat yang diinginkan.

Menggunakan Cat Motor Semprot

Setelah mengetahui bagaimana cara memilih cat motor semprot terbaik, akan lebih baik juga jika kamu tahu bagaimana menggunakan cat tersebut. Apalagi jika kamu memutuskan untuk mengecat bodi motormu sendiri tanpa bantuan bengkel.

1. Bersihkan bodi dari kotoran

Langkah awal, pastikan permukaan yang akan disemprot cat sudah dalam keadaan bersih dari kotoran, minyak, dan hal-hal lain yang dapat merusak kualitas hasil pengecatan. Bahkan bila perlu, kamu bisa menggunakan amplas untuk memperhalus permukaan.

Permukaan yang kotor atau tidak rata tentunya akan menjadikan hasil cat yang disemprotkan menjadi kurang bagus. Bahkan bisa saja warna cat semprot terbaik yang digunakan menjadi mudah terkelupas karena permukaan kotor dan tidak rata.

2. Gunakan cat dasar

Setelah permukaan rata dan bersih, maka selanjutnya kamu perlu menyemprotkan cat dasar, baik putih atau silver sesuai dengan jenis cat yang akan digunakan kemudian. Jika menginginkan cat dengan nuansa warna candy, kamu bisa menggunakan warna dasar silver.

Tujuan penggunaan cat dasar ini sejatinya cukup sederhana, yakni supaya berbagai warna pada cat semprot yang sudah kamu beli akan lebih keluar. Malahan, cat dasar yang biasanya berwarna netral ini akan membuat lapisan cat menjadi lebih kuat.

Supaya hasilnya jauh lebih optimal, kamu bisa memberikan beberapa lapis pengecatan, mulai dari lapisan tipis, lalu tunggu hingga kering, kemudian lakukan pengecatan ulang. Beberapa tumpuk lapisan cat yang sama tentu akan menjadikan hasilnya lebih optimal.

3. Lakukan pengecatan dengan warna utama

Setelah melakukan pengecatan dengan warna dasar, langkah selanjutnya adalah menyemprot cat menggunakan warna utama sesuai kebutuhanmu. Adapun penyemprotannya harus dilakukan dalam jarak aman, yakni sekitar 20 cm dari permukaan. Selain itu, pastikan cat secara tipis-tipis alias bertahap.

Menggunakan cat semprot yang bagus untuk velg motor ataupun pada bodi juga tidak boleh asal-asalan. Banyak pengguna yang melakukan gerakan mengayun naik-turun dari satu sisi ke sisi yang lain. Padahal, cara ini sebenarnya masih kurang tepat karena menjadikan hasil yang kurang rapi.

Supaya lebih merata, hindari gerakan mengayun dan cobalah untuk menyemprotkan cat secara lurus (searah) supaya permukaan cat menjadi lebih rapi. Kamu juga tidak boleh terburu-buru dalam melakukan pengecatan supaya hasilnya lebih maksimal.

4. Saatnya finishing

Setelah selesai pada lapisan pertama pengecatan dan cat sudah mengering, maka kamu bisa melakukan pengecatan kembali untuk menyesuaikan warna yang diinginkan. Tidak jarang, banyak bengkel cat motor pun yang harus mengulangi kembali pengecekan, yakni antara 2-3 kali semprot.

Untuk hasil yang lebih sempurna, kamu juga bisa memberikan sentuhan terakhir berupa cairan pernis setelah cat mengering dengan sempurna. Dengan pernis ini, hasil pengecatan akan lebih mengkilap dan membuat tampilan bodi motor menjadi lebih elegan layaknya motor baru.

Demikian beberapa hal mengenai pemilihan maupun penggunaan cat semprot untuk motor yang perlu kamu ketahui. Semoga informasi tersebut senantiasa memberikan wawasan lebih buatmu, ya. Selamat mencoba cat motor semprot terbaikmu!

Apakah pendapat Anda tentang artikel ini?


KATEGORI


POST POPULER

Tips Memilih Warna Velg Motor Sesuai dengan Body Kendaraan

by: Daryana Ade Kurniawan | 17 March 2022

Mewarnai Body Motor Sendiri Menggunakan Cat Pilox

by: Daryana Ade Kurniawan | 19 November 2021

Cat Semprot terbaik untuk Body dan Velg Motor

by: Daryana Ade Kurniawan | 19 November 2021

Mau Cat Bodi Motor dengan Kualitas Pabrikan?

by: Daryana Ade Kurniawan | 08 March 2019

Mengulik Plus Minus Cat Duco yang Perlu Diketahui

by: Daryana Ade Kurniawan | 19 November 2021

REPAINT BODY KASAR PLASTIK PADA MOTOR

by: Daryana Ade Kurniawan | 16 January 2020

Cat Semprot Tahan Bensin Shogun Z

by: Daryana Ade Kurniawan | 19 January 2022

Repaint Bodi Motor yang sudah pernah dicat sebelumnya

by: Daryana Ade Kurniawan | 07 February 2020

Cara Mengecat Body Motor dengan Cat Semprot

by: Daryana Ade Kurniawan | 19 January 2022

POST TERBARU

Ketahui Jenis - Jenis Warna Cat Motor Untuk Kendaraan Anda

by: Daryana Ade Kurniawan | 17 March 2022

Tips Memilih Warna Velg Motor Sesuai dengan Body Kendaraan

by: Daryana Ade Kurniawan | 17 March 2022

Rekomendasi Cat Motor Terbaik Beserta Kelebihannya

by: Daryana Ade Kurniawan | 17 March 2022

Cat Semprot Tahan Bensin Shogun Z

by: Daryana Ade Kurniawan | 19 January 2022

Cat Semprot Duco Shogun Z

by: Daryana Ade Kurniawan | 19 January 2022

Cara Mengecat Body Motor dengan Cat Semprot

by: Daryana Ade Kurniawan | 19 January 2022

Mewarnai Body Motor Sendiri Menggunakan Cat Pilox

by: Daryana Ade Kurniawan | 19 November 2021

Mengulik Plus Minus Cat Duco yang Perlu Diketahui

by: Daryana Ade Kurniawan | 19 November 2021

Cat Semprot terbaik untuk Body dan Velg Motor

by: Daryana Ade Kurniawan | 19 November 2021