Mengulik Plus Minus Cat Duco yang Perlu Diketahui

Posted by: Daryana Ade Kurniawan | 19/11/2021 | Kategori: Tips and Triks | 396 kali dibaca | Rating: 191

Bagi para pemilik kendaraan, baik itu motor ataupun mobil tentu selalu menginginkan kendaraan yang selalu terlihat menarik. Salah satunya dengan menggunakan cat bodi supaya terlihat lebih mengkilap layaknya kendaraan yang selalu baru.

Pada saat cat motor sudah tidak lagi bagus atau adanya baret yang mengganggu penampilan kendaraan motor, tentunya menjadikanmu membutuhkan jasa pengecatan bodi. Kamu bisa datang ke bengkel atau tempat khusus pengecatan, bisa juga dengan datang ke tukang cat duco yang terdapat di pinggir jalan.

Perhatikan Ini Sebelum ke Bengkel Duco

Sebelum kamu benar-benar memutuskan untuk membawa kendaraan ke tukang cat atau bengkel duco, ada baiknya benar-benar mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut.

1. Apakah sudah sesuai kebutuhan

Pengecatan bodi kendaraan motor memang perlu dilakukan, namun harus benar-benar disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan. Dengan kata lain, pengecatan harus benar-benar dilakukan dengan penghitungan yang matang. Jika salah atau tidak sesuai, tentu akan berpengaruh pada penampilan motor.

Pengecatan ulang tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Jika hanya ada beberapa goresan baret yang tidak kentara, tentu lebih baik ditunda dulu keinginan tersebut. Namun jika memang sudah sangat mengganggu penampilan motor, kamu bisa mempertimbangkannya kembali.

2. Pilihan jenis cat dan warna

Hal selanjutnya yang perlu dipertimbangkan adalah pilihan jenis cat yang akan digunakan untuk memperbaiki cat motormu. Pastikan terlebih dahulu apakah jenis cat tersebut memang sudah sesuai dengan cat motor yang lama atau tidak.

Selain itu, warna cat duco sebaiknya juga harus sama dengan warna cat motor yang dimiliki sebelumnya. Jika jauh berbeda, tentu ke depannya akan lebih rumit untuk pengerjaan maupun risiko pada hal-hal terkait administratif kendaraan.

Nilai Plus Mengecat Kendaraan di Bengkel Duco

Sejatinya, tempat-tempat atau bengkel yang menawarkan jasa cat ulang dengan duco sudah mulai jarang ditemui. Kendati demikian, masih ada segelintir orang yang masih mempercayakan cat motornya pada tukang cat yang menyediakan merk cat duco motor terbaik. Berikut beberapa alasannya.

· Harga yang relatif lebih terjangkau

Bicara soal harga, tukang cat yang ada di pinggiran jalan memang tidak dapat diragukan lagi tarifnya. Harga untuk satu kali pengecatan mungkin hanya berkisar puluhan ribu saja, berbeda dengan bengkel cat kebanyakan yang biasa mematok harga hingga ratusan ribu bahkan jutaan rupiah.

Biayanya yang relatif lebih murah tentu menjadi sebuah kelebihan tersendiri, apalagi buat kamu yang memiliki budget pas-pasan namun ingin memperbaiki atau memodifikasi cat kendaraan motormu. Jadi, kamu tidak akan kebingungan kalau harus segera mengecat ulang bodi motormu tersebut.

· Pengerjaan lebih cepat

Hal lain yang juga menjadi kelebihan tukang cat motor pinggir jalan adalah proses pengerjaan yang relatif lebih cepat dibandingkan dengan bengkel cat motor kebanyakan. Jika biasanya pada bengkel cat kamu bisa menghabiskan waktu seharian, maka di tukang cat duco ini kamu hanya membutuhkan maksimal satu sampai dua jam saja.

Selain karena antrian yang panjang, tentu ada beberapa kondisi lain yang membuat bengkel cat motor membutuhkan waktu yang lebih lama. Misalnya dari stok cat yang mudah habis, terbatasnya jam operasional, dan sebagainya. Tentu agak sedikit berbeda dibandingkan dengan tukang cat pinggir jalan yang sistemnya lebih fleksibel.

· Stok yang relatif lebih aman

Mengecat kendaraan di pinggir jalan ternyata dirasa cukup aman oleh sebagian orang. Hal ini karena stok cat yang sering kali aman dengan berbagai pilihan warna yang tersedia. Agak sedikit berbeda jika dibandingkan dengan bengkel cat di mana tidak jarang stok dan variasi warna yang dirasa masih kurang.

Belum lagi dengan harga yang lebih tinggi meskipun diklaim lebih berkualitas. Kendati demikian, bukan berarti semua bengkel cat motor sama saja ya. Sebab masih ada sejumlah bengkel cat yang memang menawarkan harga dan stok yang lebih terjangkau.

Risiko Cat Motor dengan Metode Duco

Meskipun memiliki beberapa kelebihan dan manfaat yang sedemikian rupa, nyatanya ada sejumlah risiko yang bias terjadi kalau kamu mengaplikasikan penggunaan cat motor duco di tukang cat pinggir jalan. Berikut beberapa risiko yang mungkin saja terjadi.

· Hasil yang kurang rapi

Sering kali, pengaplikasian cat yang dilakukan menghasilkan gumpalan kecil yang berasal dari tetesan cat yang membeku. Tidak jarang hal ini ada di sejumlah bagian bodi motor seperti cat duco velg motor sehingga akan cukup mengganggu penampilan dari motor itu sendiri.

Selain itu, tidak jarang warna yang digunakan agak sedikit berbeda dibandingkan dengan warna motor pada aslinya. Jika dilakukan pengecatan pada salah satu bagian bodi motor, maka kemungkinan belang bisa saja terjadi. Kalaupun memang ada risiko ini, kamu juga masih bisa mempertimbangkan untuk mengecat bagian motor di bengkel resmi.

· Mudahnya warna memudar

Tidak jarang, pudarnya warna pada salah satu bagian motor juga terjadi karena pengecatan yang dilakukan relatif kilat dibandingkan dengan bengkel cat pada umumnya. Apalagi jika cat yang digunakan bersifat cepat pudar karena menggunakan bahan dasar cat yang berbeda.

Bengkel cat yang cukup besar sering kali menggunakan bahan cat dari polyurethane. Meskipun dikenal karena pengerjaannya lebih lama, namun dari segi hasil tentunya lebih mengkilap, tahan goresan, dan diklaim lebih awet dibandingkan cat berbahan dasar nitro cellulose atau laquer.

· Tidak adanya garansi khusus

Salah satu hal yang sering kali juga terlewat adalah garansi khusus yang diberikan oleh bengkel cat kepada para pelanggan. Di bengkel cat duco pinggir jalan, tidak jarang garansi khusus seperti ini memang tidak ada. Berbeda dibandingkan dengan bengkel-bengkel besar yang biasanya memberikan garansi dalam kurun waktu tertentu.

Garansi ini tentu cukup penting, terutama jika kamu merasa ada yang salah dengan hasil pengecatan. Jika memang bukan kesalahan dari dirimu sendiri, tentunya kamu bisa mengklaim garansi sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk perbaikan.

Oleh karena ada sejumlah risiko yang mungkin saja terjadi, jika kamu terlanjur menggunakan jasa bengkel duco pinggir jalan tentu ada perawatan khusus yang perlu dilakukan. Sebagai contoh tidak membiarkan motor berada di bawah sinar matahari secara langsung supaya cat tidak mudah pudar atau luntur.

Bisa juga dengan memberikan cover atau penutup motor supaya terhindar dari berbagai kotoran yang menempel dan malah merusak cat itu sendiri. Kamu juga perlu membersihkan motor dengan baik sehingga tidak membuat cat menjadi cepat luntur. Dengan perawatan yang baik dan tepat, hasil yang berasal dari bengkel besar maupun pinggir jalan sekalipun juga akan tetap terlihat bagus.

Itulah beberapa hal mengenai pengaplikasian cat duco yang perlu kamu ketahui. Nah, pilihannya kembali ke kamu, apakah akan menggunakan bengkel pinggir jalan atau bengkel besar dengan biaya yang relatif lebih besar. Bagi kalian yang sedang mencari Cat duco terbaik, Anda bisa mencoba Shogun Z Paint, Cat semprot 100% duco pertama di Indonesia dalam kemasan Kaleng aerosol yang bisa dibeli di marketplace Shopee, Tokopedia, Lazada dan Bukalapak.

Apakah pendapat Anda tentang artikel ini?


KATEGORI


POST POPULER

Tips Memilih Warna Velg Motor Sesuai dengan Body Kendaraan

by: Daryana Ade Kurniawan | 17 March 2022

Mewarnai Body Motor Sendiri Menggunakan Cat Pilox

by: Daryana Ade Kurniawan | 19 November 2021

Cat Semprot terbaik untuk Body dan Velg Motor

by: Daryana Ade Kurniawan | 19 November 2021

Mau Cat Bodi Motor dengan Kualitas Pabrikan?

by: Daryana Ade Kurniawan | 08 March 2019

Mengulik Plus Minus Cat Duco yang Perlu Diketahui

by: Daryana Ade Kurniawan | 19 November 2021

REPAINT BODY KASAR PLASTIK PADA MOTOR

by: Daryana Ade Kurniawan | 16 January 2020

Cat Semprot Tahan Bensin Shogun Z

by: Daryana Ade Kurniawan | 19 January 2022

Repaint Bodi Motor yang sudah pernah dicat sebelumnya

by: Daryana Ade Kurniawan | 07 February 2020

Cara Mengecat Body Motor dengan Cat Semprot

by: Daryana Ade Kurniawan | 19 January 2022

POST TERBARU

Ketahui Jenis - Jenis Warna Cat Motor Untuk Kendaraan Anda

by: Daryana Ade Kurniawan | 17 March 2022

Tips Memilih Warna Velg Motor Sesuai dengan Body Kendaraan

by: Daryana Ade Kurniawan | 17 March 2022

Rekomendasi Cat Motor Terbaik Beserta Kelebihannya

by: Daryana Ade Kurniawan | 17 March 2022

Cat Semprot Tahan Bensin Shogun Z

by: Daryana Ade Kurniawan | 19 January 2022

Cat Semprot Duco Shogun Z

by: Daryana Ade Kurniawan | 19 January 2022

Cara Mengecat Body Motor dengan Cat Semprot

by: Daryana Ade Kurniawan | 19 January 2022

Mewarnai Body Motor Sendiri Menggunakan Cat Pilox

by: Daryana Ade Kurniawan | 19 November 2021

Mengulik Plus Minus Cat Duco yang Perlu Diketahui

by: Daryana Ade Kurniawan | 19 November 2021

Cat Semprot terbaik untuk Body dan Velg Motor

by: Daryana Ade Kurniawan | 19 November 2021