Mewarnai Body Motor Sendiri Menggunakan Cat Pilox

Posted by: Daryana Ade Kurniawan | 19/11/2021 | Kategori: Tips and Triks | 663 kali dibaca | Rating: 273

Pernah punya keinginan mengecat bodi motor sendiri namun terbatas dengan budget dan peralatan? Nah, menggunakan cat semprot atau yang biasa disebut dengan cat pilox menjadi salah satu pilihan yang dirasa tepat untuk mengatasi kendala tersebut.

Dengan cat semprot seperti ini, siapa pun bisa menggunakannya dengan mudah yakni dengan menekan nozel dan mengarahkannya pada permukaan bodi motor yang akan diberi warna. Namun, apakah benar pewarnaan dengan cat seperti ini murah dan praktis? Berikut ulasannya.

Mengenal Cat Semprot Pilox untuk Pengecatan

Pilox pada umumnya dikenal sebagai cat semprot yang banyak digunakan pada pembuatan grafiti atau mural. Padahal, dalam pengecatan sejumlah benda ada kalanya bisa menggunakan cat semprot tersebut. Selain dinilai lebih praktis, harganya relatif sangat terjangkau.

Untuk satu kaleng cat pilox berisi 300 ml, biasanya dibanderol dengan harga 15 sampai dengan 45 ribu rupiah tergantung merk atau warna. Namun untuk mengecat bodi motor tentunya tidak cukup kalau hanya satu kaleng saja. Jika ingin mengecat semua bagian bodi motor, setidaknya kamu membutuhkan 6 sampai 10 kaleng cat.

Sangat disarankan untuk setidaknya membeli 3 dari 4 jenis cat semprot, yakni epoxy dan coat/coating (base coat, layer coat, dan clear coat). Epoxy digunakan untuk menutup pori-pori bodi motor sehingga terlihat halus kembali. Sementara cat coating digunakan sebagai warna dasar maupun warna dempulan pada bodi motor.

Dari jumlah tersebut setidaknya kamu membutuhkan budget sekitar 100 sampai 200 ribu di luar berbagai peralatan lain seperti alat bantu penyemprot (jika dibutuhkan), sarung tangan, masker penutup wajah dan hidung, dan sebagainya. Kalau ingin mendapat hasil yang lebih maksimal, menyiapkan budget 1 juta untuk pengecatan sendiri tentu sangat cukup.

Selain dari budget, tentunya kamu juga haru mengetahui bahan yang akan digunakan dalam pengecatan. Kamu bisa menggunakan satu jenis cat dengan satu jenis bahan, atau bisa mencampurkannya dengan cat duco yang nantinya akan menghasilkan warna-warna yang unik dengan tambahan efek yang lebih mengkilap atau efek glitter.

Langkah-langkah Mengecat Bodi Motor Sendiri

Untuk dapat melakukan pengecatan bodi motor sejatinya tidak memerlukan keahlian tertentu. Hanya saja ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan supaya hasilnya semakin maksimal. Berikut langkah-langkah mengaplikasikan cat pilox untuk body motor.

1. Bersihkan bodi motor

Setelah menyiapkan semua perlengkapan yang dibutuhkan, maka kamu juga perlu menyiapkan bagian body motor yang akan dicat. Kamu bisa melepasnya jika memungkinkan, namun jika tidak, pastikan di kanan kiri bagian bodi yang akan dicat tersebut sudah ditutup dengan koran atau kertas supaya aman dan tidak meleber kemana-mana.

Jangan lupa untuk selalu membersihkan bodi motor tersebut dan hilangkan dulu dari kotoran, stiker, dan hal-hal lain yang sekiranya akan mengganggu proses pengecatan. Kamu bisa menggunakan bensin atau thinner untuk menghilangkan bekas lem yang menempel pada stiker.

2. Melakukan pengamplasan

Langkah selanjutnya sebelum mengaplikasikan cat semprot pylox adalah mengamplas bagian bodi motor supaya permukaan lebih bersih. Bagian yang diamplas ini nantinya akan merontokkan warna lama yang tampilannya kurang maksimal.

Perlu kesabaran dan perlakuan ekstra dalam tahap ini, karena kamu akan membutuhkan beberapa peralatan penting seperti thinner, kuas, sikat, amplas 400, dan sebagainya.

Supaya lebih mudah, oleskan thinner ke bagian bodi yang akan dicat, diamkan selama 5 menit, lalu gosok dengan sikat dan jika sudah, maka kamu bisa gosok kembali dengan kertas amplas supaya cat lama bisa hilang secara menyeluruh. Selanjutnya cuci bodi tersebut dan jemur hingga kering.

3. Penyemprotan Epoxy

Setelah kering, gunakan cat epoxy terlebih dahulu untuk menutup pori-pori dan membuat tampilan menjadi lebih halus. Cat ini memang dibuat khusus untuk menyamarkan goresan yang ada pada bagian yang akan dicat ulang. Selain itu, juga mampu memberikan daya rekat yang baik ketika diberikan cat pilox baru.

Supaya lebih maksimal, campurkan epoxy dengan thinner dan hardener. Masing-masing takarannya adalah 4:2:1. Selanjutnya, masukkan ke dalam botol spray gun supaya lebih mudah disemprotkan ke bodi motor yang telah disiapkan.

Satu hal yang pasti, penyemprotan dengan epoxy ini perlu dilakukan secara hati-hati dan tipis. Jika masih belum rata, lakukan penyemprotan kembali namun jangan sampai lapisannya menjadi terlalu tebal supaya cepat kering dan tidak mempengaruhi penyemprotan warna selanjutnya.

4. Dempul dan Coating

Jika sudah kering, maka periksa kembali apakah pada bodi motor masih ditemukan goresan. Kamu bisa memberikan dempul kembali pada bagian tersebut supaya bodi motor benar-benar telah menjadi halus dan lebih mudah disemprotkan cat kembali.

Kalau semuanya sudah siap, maka saatnya kamu memberikan warna pada bodi motor tersebut dengan warna dasar putih atau silver. Lakukan penyemprotan cat pilox dengan jarak 30-40 cm secara tipis-tipis sehingga hasilnya rata.

Setelah kering, kamu bisa mulai mengecat ulang dengan warna-warna lain yang kamu inginkan. Bila perlu, gunakan lakban kertas untuk melindungi bagian tertentu yang tidak ingin disemprot oleh cat.

5. Finishing dan pemasangan bodi

Kalau semua cat sudah mengering, maka kamu bisa melapisinya dengan lapisan pernis. Tujuannya supaya tampilan bodi menjadi lebih maksimal, melindungi warna cat, hingga menghindari pudarnya warna cat. Kamu juga bisa memberikan lapisan compound sehingga warna cat lebih mengkilap. Oles dengan kain bersih, pakai secara perlahan, dan tampilan cat akan menjadi lebih halus.

Terakhir, jangan lupa untuk memasang ulang bagian bodi motor yang sebelumnya kamu lepas. Misalnya kamu mengecat bagian velg, maka setelah mengetahui cara cat velg motor dengan pilox, jangan lupa pasang velg tersebut dengan benar.

Sedikit Tips Menggunakan Cat Pilox

Penggunaan pilox dalam pengecatan bodi motor sejatinya bukan hal yang sulit dilakukan. Namun memang diperlukan kehati-hatian sehingga hasilnya bisa maksimal. Oleh karenanya, jangan mengayun cat semprot ke arah yang berlawanan sehingga warna akan menjadi lebih rata.

Hal yang juga tidak kalah penting adalah jangan terburu-buru ketika menggunakan cat semprot ini. Kalau tergesa-gesa, maka hasilnya tidak akan baik dan malah menimbulkan masalah baru.

Selain itu, pastikan kamu mengecat dengan teknik lapis. Jadi lapisan awal diberikan secara tipis, ditunggu hingga kering terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan beberapa lapisan di atasnya. Jangan langsung dicat tebal supaya tidak bergelombang atau adanya gelembung udara.

Menggunakan alat bantu seperti pegangan semprotan juga dapat kamu lakukan. Apalagi dengan pegangan seperti ini, tidak hanya satu jari saja yang bekerja sehingga membuat jari menjadi kaku. Pegangan semprotan bisa membantu hasil pengecatan menjadi lebih optimal.

Itulah beberapa cara melakukan pengecatan bodi motor menggunakan cat pilox, terutama jika kamu ingin melakukannya sendiri. Pastikan kamu melakukannya dengan hati-hati supaya hasilnya lebih maksimal, ya. Selamat mencoba!

Bagi Anda yang ingin mencoba Cat Pilox, salah satu cat Pilox terbaik adalah Shogun Z Paint, Cat semprot 100% duco pertama di Indonesia dalam kemasan Kaleng aerosol yang bisa dibeli di marketplace Shopee, Tokopedia, Lazada dan Bukalapak.

Apakah pendapat Anda tentang artikel ini?


KATEGORI


POST POPULER

Tips Memilih Warna Velg Motor Sesuai dengan Body Kendaraan

by: Daryana Ade Kurniawan | 17 March 2022

Mewarnai Body Motor Sendiri Menggunakan Cat Pilox

by: Daryana Ade Kurniawan | 19 November 2021

Cat Semprot terbaik untuk Body dan Velg Motor

by: Daryana Ade Kurniawan | 19 November 2021

Mau Cat Bodi Motor dengan Kualitas Pabrikan?

by: Daryana Ade Kurniawan | 08 March 2019

Mengulik Plus Minus Cat Duco yang Perlu Diketahui

by: Daryana Ade Kurniawan | 19 November 2021

REPAINT BODY KASAR PLASTIK PADA MOTOR

by: Daryana Ade Kurniawan | 16 January 2020

Cat Semprot Tahan Bensin Shogun Z

by: Daryana Ade Kurniawan | 19 January 2022

Repaint Bodi Motor yang sudah pernah dicat sebelumnya

by: Daryana Ade Kurniawan | 07 February 2020

Cara Mengecat Body Motor dengan Cat Semprot

by: Daryana Ade Kurniawan | 19 January 2022

POST TERBARU

Ketahui Jenis - Jenis Warna Cat Motor Untuk Kendaraan Anda

by: Daryana Ade Kurniawan | 17 March 2022

Tips Memilih Warna Velg Motor Sesuai dengan Body Kendaraan

by: Daryana Ade Kurniawan | 17 March 2022

Rekomendasi Cat Motor Terbaik Beserta Kelebihannya

by: Daryana Ade Kurniawan | 17 March 2022

Cat Semprot Tahan Bensin Shogun Z

by: Daryana Ade Kurniawan | 19 January 2022

Cat Semprot Duco Shogun Z

by: Daryana Ade Kurniawan | 19 January 2022

Cara Mengecat Body Motor dengan Cat Semprot

by: Daryana Ade Kurniawan | 19 January 2022

Mewarnai Body Motor Sendiri Menggunakan Cat Pilox

by: Daryana Ade Kurniawan | 19 November 2021

Mengulik Plus Minus Cat Duco yang Perlu Diketahui

by: Daryana Ade Kurniawan | 19 November 2021

Cat Semprot terbaik untuk Body dan Velg Motor

by: Daryana Ade Kurniawan | 19 November 2021