marketing@shogunzpaint.com +62817-4902-831

Cara Mencegah Cat Keriting Saat Menyemprot Dengan Cat Semprot Aerosol

  • Daryana Ade Kurniawan
  • 58
  • 99

Mengutip Informasi dari Channel Youtube Gaby Paint Project yang memberikan Tips tentang bagaimana cara mencegah atau mengatasi cat keriting pada saat kita mengecat menggunakan cat semprot aerosol. Berikut ini Ulasannya.

Bagaimana sih ketika kita ngecat menggunakan cat aerosol agar terhindar dari yang namanya trouble yang paling vital itu dia keriting teman-teman. Oke Saya Jelaskan satu persatu menurut versi saya. Disini yang teman-teman harus pahami dulu penyiapan panel ( Media Semprot ) jadi prepare panel yang mau teman-teman cat pertama teman-teman harus amplas.

Untuk pemilihan Grid amplas sesuaikan dengan kondisi dari panel tersebuT.

Kalau panel yang semisal satu kali dicat atau masih original dari pabrikan yang mau teman-teman repaint itu teman-teman bisa menggunakan Amplas 800 atau 1000 Itu poin yang pertama.

Semisal catnya udah tebal Mas ? Kalau catnya udah tebal, untuk menghindari dia keriting, Jadi semisal teman-teman naik cat ( cat baru ) kalau catnya itu tebal Kebanyakan atau kalau catnya itu gak kuat ( cat yang dibawah) dia cat yang kalian timpakan ini meresap ke bagian bawah nah yang keriting itu bukan cat yang baru tapi cat yang lama teman-teman, pengertiannya seperti itu, jadi kalau catnya udah tebal semisal udah tiga kali repaint lah kalau dua kali sih menurut saya sih masih worth it yang penting tidak terlalu tebal-tebal banget jadi tidak ada patokan ya walaupun dua kali repaint tapi kalau dicek itu tebal Jadi repaint pertama tebal repaint yang kedua tebal ya sama aja walaupun tiga kali repaint cuma tipis ya itu persamaannya, sama aja. Jadi kalau semisal ya patokannya tiga lapis, maksud saya tiga kali repaint itu sebaiknya kerok dulu teman-teman kalau media plastik seperti ABS di bodi motor bodi halus bisa kalian kupas menggunakan tiner atau sekarang banyak yang jual perontok cat itu banyak di online sekarang kalau medianya besi atau aluminium bisa teman-teman remover kalau medianya ini ori masih original  belum pernah dicat masih cat bawaan dari dealernya ini bisa teman-teman amplas menggunakan amplas 800 atau 600 atau 1000 juga bisa.

Terus cara ngamplasnya harus konsisten dalam arti teman-teman ngamplasnya harus rata teman-teman kalau ada bagian yang masih gloss berarti belum tercover atau terjangkau oleh amplas bisa teman-teman ulangi amplas lagi dan jangan gunakan amplas yang terlalu kasar teman-teman tujuannya apa jika amplas terlalu kasar nanti walaupun body ori ketika kita ngamplas terlalu kasar dikhawatirkan catnya meresap ke pori-pori cat lama yang sudah tergores amplas yang terlalu kasar Nah itu.

Poin selanjutnya body yang akan kalian cat usahakan bersih, bersih dalam arti minimal udah kalian amplas, kalian cuci bersih menggunakan air sabun lalu kalian keringkan jangan dalam kondisi dingin atau lembab untuk body ABS apalagi body yang besi atau aluminium usahakan dia hangat atau panas teman-teman.

Lalu untuk tahap aplikasi atau cara ngecatnya, kita akan epoxi warna hitam Lalu naik Midnight Purple lalu kita Clear oke lanjut ke pembahasan yang selanjutnya di tahap pengecetan step by step.

Disini kita punya epoxi Black atau epoxi hitam dari Shogun Z Pain. Jadi guna dari epoxy ini untuk sebagai tameng, yang kedua Sebagai pondasi cat utamanya nanti pokok intinya cat di atasnya itu supaya lebih kuat teman-teman, jadi penggunaan Epoxy memang wajib ya untuk setiap pengerjaan atau setiap pengetan, tujuannya untuk meminimalisir nanti catnya keriting lalu yang kedua memang untuk pondasi cat di atasnya supaya lebih kuat maksimal. Setelah epoxy selesai diaplikasikan, disini epoxy-nya cepat kering ya sekitar 30 menit sudah kering dan ini ada pertanyaan lagi " Bang mas, setelah diepoxy diamplas lagi atau enggak?". Jadi untuk pertanyaan itu, diamplas lagi juga bisa, enggak diamplas juga enggak masalah menurut saya yang penting hasil epoxy yang kalian aplikasikan pada panel yang akan kalian cat itu tidak bermasalah dalam arti tidak ada debu semisal yang kedua tidak ngegumpal atau aplikasi epoxy-nya salah, semisal terlalu kasar atau bertekstur terlalu parah itu bisa kalian kepras atau kalian pangkas menggunakan amplas teman-teman, bisa amplas 400 atau 600 dan atau 800 juga bisa.

berhubung di sini hasil epoxi yang saya terapkan ini udah oke jadi ini setelah kering lanjut kita naik tahap selanjutnya teman-teman. Nah di tahap epoxi ini ketika panel yang udah kalian epoxi ini tidak ada trouble tidak ada keriting semisal yang paling fatal dan masalah-masalah lainlah retak nempel atau yang lain, itu tandanya sudah siap naik ke tahap selanjutnya.

Epoxy hitam ini saya buat juga untuk warna dasar untuk Midnight Purple jadi ini epoxinya warna hitam dan tidak saya Timpa cat hitam lagi langsung saya Timpa dengan Midnight Purple Oke sampai sini paham ya.

Lanjut ke tahap selanjutnya lanjut dan saya kasih tips juga buat teman-teman yang ngecat pakai aerosol itu Usahakan teman-teman kocok dulu ya sebelum kalian Cat ke panel atau sebelum kalian aplikasikan ke panel, tujuannya supaya untuk cairan atau campuran catnya yang di dalam kaleng ini tercampur dengan sempurna kalau semisal teman-teman tidak kocok dulu takutnya itu catnya eh menupuk di bawah jadi yang kalian semprot itu hanya cairan semacam tiner nah itu yang mengakibatkan catnya yang awal tuh tidak kuat dan terjadi keriting jadi teman-teman harus kocok dulu catnya sebelum dipakai Oke.

Oke lanjut ke tahap selanjutnya oke di sini Ngomongin jeda ya jeda dari chat ke clear karena ini yang penting teman-teman aplikasi cat mulai dari epoxy cat maupun clear usahakan di cuaca yang bagus dalam arti panas dan yang perlu teman-teman ketahui jika teman-teman ngecat media body seperti ABS walaupun cuacanya panas misal tapi teman-teman cek panel yang kalian cat tu tidak boleh keadaan dingin atau sampai lembab, nah itu mengakibatkan nanti untuk tahap clear dia clearnya mendung atau ngembun lebih fatalnya.

Jadi usahakan panel itu hangat terutama di panel-panel yang berjenis besi atau aluminium Nah itu teman-teman harus cek juga Kalau sebelum naik clear usahakan panel yang akan kalian clear jemur sebentar teman-teman ya sekitar 5 sampai 10 menit tujuannya apa nanti Saat kalian clear tuh clearnya tidak ngembun atau istilahnya mendung teman-teman, kalau teman-teman jemur itu pastinya panel dalam kondisi hangat itu yang mengakibatkan untuk tahap clear dia tidak mau gloss Bahkan dia ngembun atau istilahnya mendung untuk clearnya tidak glossy lah skinnya.

Jadi untuk mendapatkan hasil yang bagus atau maksimal sesuai yang teman-teman inginkan usahakan ngecatnya itu di cuaca yang panas teman-teman kalau ngecatnya di luar ruangan, kalau di dalam ruangan bisa teman hangatkan dulu panel yang kalian cat bisa menggunakan Hair dryer atau teman-teman jemur dulu ya sekitar 5 sampai 10 menit sambil dipegang ketika panel itu udah agak hangat apalagi panel yang besi ya semisal teman ngecet tangki atau pelek-pelek motor itu yang berbahan aluminium itu Usahakan jangan sampai dalam kondisi yang lembab.

Sampai sini paham ya teman-teman, mulai dari tahap ngecatnya seperti apa dan penyiapan panel seperti apa. semoga ini menjadi jawaban dari teman-teman yang tanya gimana sih ngecat aerosol supaya hasilnya itu maksimal tidak terjadi yang namanya keriting. Semoga ini bermanfaat buat teman-teman semua.

Nah itulah kutipan dari Channel youtube Gaby Paint Project yang telah memberikan tips yang sangat berguna bagi kita. sampai jumpa di Tips and Triks Selanjutnya.

Apakah pendapat Anda tentang artikel ini?